Jumat, 12-04-2024
  • Assalaamu'alaikum, Selamat Datang di Laman Resmi MTSS Nurul Islam Wuluhan

Apa Manfaat dan Tujuan Mempelajari Akidah Islam?

Diterbitkan :


Orang yang mempelajari suatu ilmu tentunya pasti mempunyai tujuan. Demikian pula halnya dengan mempelajari akidah islam. Setidaknya ada dua tujuan dalam mempelajari akidah islam yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Pertama, untuk mengetahui petunjuk hidup yang benar serta dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah sehingga hidupnya mendapat rida Allah swt.

Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an sebagai berikut.

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil) …. QS Al-Baqarah (2: 185)

Kedua, untuk menghindarkan dari kehidupan yang sesat atau jauh dari petunjuk hidup yang benar. Allah swt berfirman.

Dan sungguh, inilah jalan-Ku yang lurus. Maka ikutilah! Jangan kamu ikuti jalan-jalan (yang lain) yang akan mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu bertakwa. QS Al-An’am (6: 153)

Yang dimaskud jalan-Ku yang lurus pada ayat di atas adalah islam (akidah islam). Kita diwajibkan untuk mengikuti jalan yang lurus (akidah islam) karena islam dalah satu-satunya jalan hidup yang benar di sisi Allah swt. Mengikuti akidah atau agama selain islam berarti mengikuti jalan hidup yang sesat dan akan menghancurkan diri sendiri. Kita harus bersyukur kepada Allah swt, karena hanya dengan hidayah-Nya kita dapat mengikuti petunjuk yang benar, yakni islam.

Di dalam islam, akidah merupakan landasan setiap perilaku orang hidup beragama. Dengan akidah itulah muncul kesediaan untuk mentaati ajaran agama. Tanpa akidah yang benar kiranya sulit muncul kesadaran melaksanakan ajaran agama. Maka dari itu, mempelajari akidah sangat besar manfaatnya. Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dengan mempelajari akidah islam adalah sebagai berikut.

  1. Memperoleh petunjuk yang benar sesuai kehendak Allah swt yang telah menciptakan alam semesta, termasuk diri kita sendiri.
  2. Selamat dari pengaruh kepercayaan lain yang hanya akan membawa kerusakan dan hidup yang jauh dari kebenaan.
  3. Memperoleh ketenteraman dan kebahagiaan hidup yang hakiki karena mempunyai hubungan batin yang dekat dengan Allah swt.
  4. Tidak mudah terpengaruh kemewahan hidup di dunia karena kehidupan yang hakiki adalah kehidupan di akhirat kelak.
  5. Mendapat jaminan surga dan selamat dari neraka apabila kita benar-benar berpegang teguh terhadap akidah islam secara sempurna.

Wallahu a’lam bishawab.

Penulis : Kepala Madrasah

Editorial Lainnya

Sekapur Sirih

Dibaca : 16 kali



Jl. Panglima Besar Sudirman No. 133 Lojejer, Wuluhan, Jember, Jawa Timur, ID. 68162

mtsnuris27@gmail.com
www.mtsnuris.sch.id
(0336) 7124001

Agenda