Jumat, 14-06-2024
  • Assalaamu'alaikum, Selamat Datang di Laman Resmi MTSS Nurul Islam Wuluhan

Cara Menyematkan Presentasi Power Point di WordPress

Diterbitkan :


Sebagai salah satu platform CMS paling fleksibel untuk situs web, WordPress memungkinkan untuk dengan mudah menyematkan hampir semua jenis file yang sahabat inginkan ke situs web, mulai dari jenis dokumen Word, file PDF hingga video dan presentasi YouTube. Sulitkah?, apabila sahabat ingin menyematkan file seperti presentasi PowerPoint ke situs WordPress, tidak begitu sulit untuk dilakukan, sekalipun untuk blogger pemula seperti saya.

Menggunakan presentasi Power Point di blog merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyajikan informasi dengan cara yang terorganisir dan rapi, terstruktur dengan baik, dan tentunya juga mudah dipahami. Sahabat bisa menggunakannya untuk merangkum fitur terbaik dari produk atau pun layanan yang sahabat tawarkan, membagikan panduan singkat yang informatif dan relevan sesuai bisnis yang sahabat jalankan, dan banyak lagi.

Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana cara melakukannya?. Dalam posting ini kita bisa melihat bagaimana caranya agar sahabat dapat dengan mudah menyematkan embed presentasi PowerPoint di blog WordPress. Terdapat dua metode berbeda yang bisa sahabat lakukan, yang pertama menggunakan bantuan Google Slides, sedangkan yang kedua dengan menggunakan plugin.

Cara Menyematkan Power Point di WordPress Menggunakan Google Slide.

Mirip dengan Microsoft Power Point, Google Slides adalah aplikasi berbasis presentasi yang dapat digunakan secara gratis untuk membuat tayangan slide online. Sahabat dapat dengan mudah mengunggah dokumen Word, membuka serta mengeditnya dengan Google Documents, sahabat juga dapat membuka presentasi PowerPoint menggunakan Google Slide. Selain dapat menyimpan semua presentasi secara online, Google Slides memungkinkan untuk menyalin kode sematan dari salah satu file dan kemudian menyisipkan kode tersebut di mana pun sesuai keinginan di situs web.

Hal pertama, sahabat harus mengunggah terlebih dahulu file presentasi PowerPoint ke halaman Google Slides. Sahabat dapat melakukannya dengan membuka file picker dan memilih opsi Unggah.

Menyematkan Power Point di WordPress

Kemudian, sahabat bisa dengan cukup seret file atau pilih dari perangkat, bisa komputer maupun smartphone.

Menyematkan Power Point di WordPress

Setelah mengunggah file Power Point, presentasi akan terbuka secara otomatis. Kemudian, sahabat harus menuju Akses File >> Publish to the web.

Menyematkan Power Point di WordPress

Setelah layar baru muncul, tekan tab Embed, sahabat sesuaikan pengaturan yang sesuai dengan preferensi yang dinginkan, lalu klik Publish.

Menyematkan Power Point di WordPress

Kemudian, sahabat dapat menyalin kode yang tersedia. Sahabat dapat menggunakan kode tersebut untuk menyematkan file presentasi ke situs web.

Menyematkan Power Point di WordPress

Setelah itu, sahabat menuju ke halaman/posting edit yang dituju (di situs WordPress) kemudian cari dan tambahkan blok HTML menggunakan tombol “+” (“Tambahkan blok”).

Menyematkan Power Point di WordPress

Sahabat cukup menempelkan kode tadi ke dalam kotak yang tersedia.

Menyematkan Power Point di WordPress

Silahkan tekan tombol Pratinjau untuk melihat seperti apa tampilan presentasi sahabat di halaman/postingan.

Cara Menyematkan Presentasi PowerPoint di WordPress Menggunakan Plugin

Cara mudah lainnya untuk menyematkan presentasi PowerPoint di WordPress adalah dengan menggunakan bantuan plugin. Salah satu plugin yang dapat sahabat coba adalah Embed Any Document. Seperti namanya, plugin ini akan memungkinkan shabat untuk menyematkan dokumen apa pun ke situs WordPress dalam waktu singkat, termasuk file dalam format Word, PDF, Excel, dan Power Point.

embed any document

Perlu diingat bahwa, tidak seperti Google Slide yang memungkinkan file presentasi tersimpan di Google Drive, file presentasi ini nanti akan tersimpan langsung di server hosting, yang memang bisa menambah beban server dari waktu ke waktu, sehingga berpotensi membuat loading web menjadi lebih berat. Intinya, kalau sahabat perlu menampilkan banyak file presentasi, terutama jika presentasinya cenderung berat, misalnya berisi banyak file multimedia. Maka saya sarankan sahabat lebih baik menggunakan Google Slide sebagai gantinya.

Setelah menginstal plugin dan mengaktifkannya, segera menuju ke halaman Settings >> Embed Any Document untuk mengonfigurasi pengaturan plugin.

Sahabat dapat mengatur ukuran default dokumen, seperti lebar dan tingginya, dan memilih apakah ingin menampilkan tautan unduhan ke semua pengguna, atau hanya untuk pengguna yang login saja, atau tidak menampilkannya kepada siapa pun. Terakhir, sahabat juga dapat memilih seperti apa tampilan teks unduhan nantinya. (“Unduh” secara default).

setting

Pastikan sahabat menekan tombol Simpan Perubahan setelah selesai melakukan pengaturan sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Kemudian, melanjutkan ke halaman/postingan blog WordPress yang ingin sahabat sematkan presentasi.

Tekan tombol (+) atau “Tambahkan blok” dan temukan blok yang bernama Dokumen. Klik untuk menambahkannya ke halaman/postingan.

document

Kemudian, pilih opsi Unggah untuk mengunggah dokumen PowerPoint langsung dari komputer. Disini sahabat juga dapat mengunggah dokumen dari perpustakaan media WordPress atau menyisipkan alamat URL dokumen.

upload document

Begitu file sudah diunggah, sahabat akan dapat melihat pratinjau presentasi PowerPoint di editor halaman/postingan.

presentation

Sahabat harus memastikan untuk Menerbitkan/Memperbarui halaman atau posting setelah selesai menyematkan kode presentasi PowerPoint di situs web.

Kesimpulannya

Seperti yang dapat kita lihat dari metode dan langkah di atas, menyematkan embed presentasi Power Point di WordPress sangatlah mudah untuk dilakukan. Kita dapat melakukannya dengan mengunggah file Power Point ke Google Slides terlebih dahulu, dan kemudian melalui proses menyalin dan menempelkan cuplikan kode embed ke halaman atau posting blog. Atau, kita juga dapat menginstal dan menggunakan plugin oleh pihak ketiga seperti Embed Any Document untuk menyematkan file Power Point dengan cara cepat dengan menggunakan blok Dokumen plugin. Jadi, apa pun metode yang kita gunakan, akan dapat membagikan slide presentasi yang menarik dan informatif kepada audiens dengan cepat, praktis, dan mudah.

Demikianlah tutorial cara menyematkan presentasi Power Point di WordPress, sahabat bisa juga membaca posting saya sebelumnya tentang Cara Menghubungkan Pustaka Media WordPress ke Google Drive. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar

Balasan


Jl. Panglima Besar Sudirman No. 133 Lojejer, Wuluhan, Jember, Jawa Timur, ID. 68162

mtsnuris27@gmail.com
www.mtsnuris.sch.id
(0336) 7124001

Agenda